x Klub Sastra Bentang: PestaTeh: Bincang Tsotsi di MP Book Point

Sunday, November 12, 2006

PestaTeh: Bincang Tsotsi di MP Book Point

PESTA TEH KLUB SASTRA BENTANG
Membincang
TSOTSI
Novel Thriller-psikologis Afrika Selatan
(Plus cuplikan film Tsotsi)

MP Book Point
Jumat, 24 November 2006, pk. 18.30
Pembahas: Eric Sasono (Kritikus film, pengamat sastra)

"Tsotsi" dalam bahasa Afrika Selatan berarti "begal" atau "gengster". Ada masa di mana para kawula muda di Johannesberg, Afrika Selatan, begitu terpesona pada film-film gangster dari
Amerika dan meniru gaya dalam film-film itu. Novel Tsotsi sendiri adalah sebuah naskah yang hampir hilang dari seorang dramawan besar dunia, Athol Fugard. Bersama Nadine Godimer, Coetze, dan Andre Brink, beliau adalah sastrawan yang melontarkan kritik keras terhadap Apartheid, dan kemudian mendapat pengakuan internasional. Fugard menulis Tsotsi mulai 1960, dan sempat ia tinggalkan karena ia anggap buruk pada 1962. Sebagian manuskripnya ia robek, dan ia memutuskan untuk tak melanjutkannya. Pada 1978, beberapa orang di Inggris menemukan draf naskah itu, lalu menyarankan Fugard mengizinkan penyuntingan untuk penerbitan novel itu.

Pada 1979, setelah 20 tahun, untuk pertama kali Fugard membaca kembali Tsotsi, untuk diterbitkan. Akhirnya, pada 2004-2005, Gavin Hood, seorang sutradara Afrika Selatan, membuat filmnya –yang memenangi Oscar sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik 2006. Liku-liku penulisan dan penerbitan novel ini memberi latar bagi sebuah adikarya yang menghebohkan. Dalam novel Tsotsi, Fugard berhasil mengangkat nilai-nilai universal secara provokatif serta menunjukkan bagaimana cinta dan kehormatan dapat mengalahkan apa pun.

"Dalam sebuah prosa yang kejam namun liris ...(Athol Fugard) secara misterius menceburkan dirinya ke dalam lapisan orang-orang yang tertindas dan membeberkan amarah, penderitaan, dan harapan mereka." (New York Times Book Review)

Silakan datang ke bincang-bincang santai tentang novel dan film ini, bersama kritikus film pemenang Citra, Eric Sasono, di tengah suasana santai pesta teh di Saqi The Cafe, MP Book Point.

MP Book Point, Jl. Puri Mutiara Raya 72, Jeruk Purut, Jakarta Selatan.
Telp.: 021-759 102 12 (kontak: Rika/Sherri) .

Labels: , ,