x Klub Sastra Bentang: BukuBaru: The Priest’s Madonna

Saturday, September 09, 2006

BukuBaru: The Priest’s Madonna



Judul: The Priest’s Madonna
Penulis: Amy Hassinger
ISBN: 979-3062-93-2
Penerjemah: John de Santo
Penyunting: Wendratama
Harga: 49.500,-

SINOPSIS

Oleh penduduk desa ia dijuluki the priest’s Madonna atau Maria sang pastor karena keintimannya dengan Pastor Berenger. Obsesi Maria adalah percintaan yang suci dengan Berenger, perkawinan tanpa seks; hukum hanya melarang perbuatan zina, dan Maria yakin mereka dapat menghindarinya. Ternyata kisah keduanya tidak sederhana lagi setelah penemuan katakombe atau lorong makam bawah tanah tepat di bawah gereja. Pekuburan rahasia ini menyimpan harta karun, baik yang bernilai pasti maupun yang tidak: buku kisah penampakan-penampakan yang dialami keturunan Maria Magdalena, yang dikatakan mengandung anak Yesus.

Maria dan Berenger menjadi terpisah, fisik maupun keyakinan, sang pastor tidak bisa menerima kehadiran buku seperti itu. Sedangkan Maria terus menerus memuaskan keingintahuannya akan segala hal, terutama melalui diskusi dengan Madame Laporte, perempuan yang seakan hidup di dunia yang berbeda dari seluruh penduduk desa.

Didasarkan pada kisah nyata tentang Berenger Sauniere (1885-1917) dan kehidupannya di Rennes-le-Chateau, The Priest’s Madonna menawarkan banyak permenungan bagi pembacanya tentang pertentangan tubuh-jiwa, Perang Salib, sejarah Rennes-le-Chateau yang luar biasa, filosofi orang Cathar yang menggugah, dan bagaimana kita mengkritisi peristiwa-peristiwa sejarah dan segala tulisan tentang mereka.

TENTANG PENULIS

Amy Hassinger tinggal di Amerika. Dua karya lain yang ia tulis adalah
  1. Nina : Adolescence
  2. Finding Katahdin: An exploration of Maine's past

KEUNIKAN The Priest’s Madonna:
  1. Mengambil sudut pandang yang berbeda dalam melihat segala macam fenomena yang dipaparkan dalam buku Holy Blood, Holy Grail (yang menjadi dasar penulisan The Davinci Code).
  2. Menyertakan permenungan yang lebih individual; perjalanan seorang gadis remaja dalam mencari karakter, nilai-nilai hidup, serta keyakinan personalnya.
  3. Menguraikan filosofi orang Cathar yang mengagumkan, sejarah Rennes-le-Cheteau yang kaya.

2 Comments:

At 5:47 PM, Blogger Kobo Chan said...

Aku suka cara penuturan Amy Hassinger. Ceritanya berjalan lancar banget, bikin kita gak sabar untuk membalik halaman, dan rasanya susah untuk berhenti.

Terus, aku suka juga dengan penuturan tentang karakter Maria, yang kritis banget (tentunya didukung oleh kesukaannya membaca).

Nice story ^.^

 
At 1:00 PM, Anonymous perca said...

iya Bo, aku jg suka karakter Maria. Cerdas, sedikit badung. hehehe. Buku ini mengajak kita kembali ke abad 19 ya. Asyik. Madame Laporte juga karakter yg unik tuh.

 

Post a Comment

<< Home