x Klub Sastra Bentang: [BukuBaru] Laskar Pelangi

Monday, October 10, 2005

[BukuBaru] Laskar Pelangi



Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Tebal : xvi + 534
Cetakan : Pertama, September 2005
Format : 13 cm x 20,5 cm
ISBN : 979-3062-79-7


SINOPSIS

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu—bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan.

Komentar

“Saya sangat mengagumi novel Laskar Pelangi karya Mas Andrea Hirata. Ceritanya berkisah tentang perjuangan dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan. [Novel ini menunjukkan pada kita] bahwa pendidikan adalah memberikan hati kita kepada anak-anak, bukan sekadar memberikan instruksi atau komando, dan bahwa setiap anak memiliki potensi unggul yang akan tumbuh menjadi prestasi cemerlang di masa depan, apabila diberi kesempatan dan keteladanan oleh orang-orang yang mengerti akan makna pendidikan yang sesungguhnya.”
(Kak Seto - Ketua Komnas Perlindungan Anak)

“Ramuan pengalaman dan imajinasi yang menarik, yang menjawab inti pertanyaan kita tentang hubungan-hubungan antara gagasan sederhana, kendala, dan kualitas pendidikan.”
(Sapardi Djoko Darmono - Sastrawan dan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UI)

“Di tengah berbagai berita dan hiburan televisi tentang sekolah yang tak cukup memberi inspirasi dan spirit, maka buku ini adalah pilihan yang menarik. Buku ini ditulis dalam semangat realis kehidupan sekolah, sebuah dunia tak tersentuh, sebuah semangat bersama untuk survive dalam semangat humanis yang menyentuh.”
(Garin Nugroho - Sineas)

“Cerita Laskar Pelangi sangat inspiratif. Andrea menulis sebuah novel yang akan mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan.”
(Arwin Rasyid - Dirut Telkom dan dosen FEUI).

“Inilah cerita yang sangat mengharukan tentang dunia pendidikan dengan tokoh-tokoh manusia sederhana, jujur, tulus, gigih, penuh dedikasi, ulet, sabar, tawakal, takwa, [yang] dituturkan secara indah dan cerdas. Pada dasarnya kemiskinan tidak berkorelasi langsung dengan kebodohan atau kegeniusan. Sebagai penyakit sosial kemiskinan harus diperangi dengn metode pendidikan yang tepat guna. Dalam hubungan itu hendaknya semua pihak berpartisipasi aktif sehingga terbangun sebuah monumen kebajikan di tengah arogansi uang dan kekuasaan materi.”
(Korrie Layun Rampan - Sastrawan dan Ketua Komisi I DPRD Kutai Barat)

62 Comments:

At 2:12 PM, Anonymous subrata said...

jika saja bukan karena diksi-diksi dan metafor-nya yang menggelitik, jika bukan karena itu yang membuatku jauh melambung menembus dimensiku ke pulau Belitong sana, rugi rasanya membeli buku laskar pelangi.

 
At 12:23 AM, Anonymous Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... » » »

 
At 5:21 PM, Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! »

 
At 4:32 AM, Anonymous Anonymous said...

Very nice site! travel south america Allergies and symtoms http://www.vicodin-online-5.info Funny audio clips answering machine http://www.freemusicmp3players.info cholesterol Online us pharmacies order phendimetrazine eon cod 700 credit mortgage score Jeep sale renegade slipcover furniture Kenner 26 kavanaugh 26 medical malpractice attorneys grande ocean marriott timeshare resale checks by fax high speed internet access olympic games

 
At 10:32 AM, Anonymous Anonymous said...

hanya ada satu kata buat laskar pelangi ... Bravo !

bang andrea ...thanks for anice inspirations

btw aku langsung beli 3 novel dan kuhadiahkan 1 untuk guru sdku
2 untuk yundaku yang guru
dan pamanku yang guru

aku bangga pada mereka

 
At 5:09 PM, Blogger rickyrizky said...

Mas Andrea, dapat dengan jeli menggambarkan masa SD nya - merupakan suatu penggambaran yang sangat komplit. Seakan kita merasa kembali ke masa kecil dan tentunya proses mengenali kembali masa kecil dan mengenenalia semua tokoh kita di masa kecil, bukan merupakan hal yang mudah dalam membuka memori di otak setiap manusia. Jadi karya ini adalah karya yang sangat jenius dan brilian

 
At 12:31 PM, Blogger Gunawan said...

bagi yang berminat silahkan hubungi email berikut berikan data lengkapnya:
jagungodak@telkom.net
hp: 03706641314

 
At 12:10 PM, Anonymous morishige said...

gw dah baca ketiga buku yang sudah terbit..
bagus.. pembaca seperti mendapat sebuah pencerahan setelah membacanya..
salut untuk Andrea..

 
At 7:40 AM, Blogger Ambarwati said...

Setelah umur saya menjelang setengah abad, baru kali ini saya tergila-gila (lagi) pada Novel karya anak negeri (saya suka Novel Indonesia waktu duduk di bangku SMP). Tiga buku dari Tetralogi Laskar Pelangi dengan amat "menyesal" telah selesai saya baca. Mempesona dan membius kalbu......
Saya masih penasaran, karena sampai dengan hari ini saya belum temukan buku ke 4, Maryamah Karpov. Dimana bisa saya dapatkan buku itu, ya ?

 
At 2:54 PM, Blogger ALFAUZANY said...

Sekian kali bolak-balik ke toko buku tak sedikitpun tangan ini untuk menyentuh buku sastra ini, Hingga Akhirnya, pada suatu malam aku menonton Kick Andi yang menampilkan Mas Andrea Hirata, Beberapa kawan-kawan dan ibu guru yang di cintainya, sehingga tawa, haru, lucu dan lain sebagainya berbaur di malam jum'at kala itu (waktunya lupa). Sehingga pada hari ini Akupun membelinya untuk ku baca.

 
At 4:40 PM, Blogger sari said...

buku ini merupakan memoar hebat pertama yang saya baca terutama di bidang pendidikan. Saya terutama sangat kagum pada sosok lintang yang sangat luar biasa dedikasinya dalam menjalani sekolah.Saya berpikir jaka setiap anak punya kegigihan menuntut ilmu seperti lintang maka apa jadinya negara ini....yang pasti akan bermartabat di mata dunia

 
At 4:16 PM, Blogger YOGI said...

laskar pelangi memang benar-benar novel yang tidak hanya cerdas tetapi menggelitik dan memberi makna yang mendalam bagi pembacanya,pengisahan setiap tokoh sangat mengesankan...salut buat andrea.....salam buat ke 10 temanmu ikal.....

 
At 10:29 AM, Blogger udung said...

gila ! buku gila !! masa saya khatam buku ini sampai beberapa kali untuk mencapai kata "saya puas!" ?!

 
At 3:11 PM, Anonymous Anonymous said...

memang sangat menginspirasi, tapi terlalu banyak metaforanya dan kadang agak tidak logis...
tapi saya tetep menikmati meskipun terkadang ada beberapa hal yang kurang penting tidak saya baca...

 
At 11:42 AM, Anonymous Tata said...

Mau denger Mahar nyanyi Tennessee Waltz? Dengerin di http://panjalu.multiply.com/music/item/61/Tennessee_Waltz_Sebuah_Rekonstruksi_Audio_Laskar_Pelangi

 
At 2:10 PM, Anonymous Evita MS said...

versi bahasa inggrisnya sudah keluar belum ya?

 
At 11:32 AM, Blogger Vera said...

Bang Andrea, terima kasih untuk buku yang begitu hebat dan memberi inspirasi. Bukan hanya laskar pelangi tapi bahkan sampai ke Edensor, cerita yang dituliskan seolah membawa saya benar2 ada di sana. Sungguh memikat! Saya tunggu terbitnya Maryamah Karpov.

Saya doakan moga cepat ketemu dengan A Ling yah, Bang!!!

 
At 4:35 PM, Blogger ciomas said...

kapan saya bisa mendapat

 
At 4:36 PM, Blogger ciomas said...

kapan saya bisa beli maryamah karpov ...????

 
At 10:52 PM, Blogger ALEXIS said...

hi,saya ADI DI BOGOR,bagus,menyentuh,poko'nya the best.tapi sayang.aku cari yang MARYAMAH KARPOV,susahnya minta ampun sudah keluar apa belum sih? oo...iya congrat ya,katanya mau di bikin film.kaya'nya bagus tuch

 
At 11:58 AM, Anonymous Anonymous said...

inspiring!!!

 
At 7:34 PM, Blogger Muhammad said...

setuju!!!!!!!!!!

 
At 7:34 PM, Blogger Muhammad said...

This comment has been removed by the author.

 
At 11:41 AM, Anonymous vradislave said...

apkah cerita di novel ini merupakan pengalaman bang andrea? kayanya bagus klo dibuat filmnya

 
At 2:25 PM, Anonymous Anonymous said...

sudah lama sebetulnya aku denger crita laskar pelangi, tapi baru 'ngeh' tahun 2008 ini. keren abis, mantep,jadi bikin aku pengin keliling dunia juga, (minimal keliling indonesia dulu)..
Yang paling mengharukan ketika lintang memutuskan keluar sekolah..o...ma...sedih kali.jadi inget di kampung dulu banyak juga temen2 yang pinter tapi terkendala biaya so mandeg deh sekolahnya..ga puas cuma baca sekali tok..maryamah karpov kapan ya keluar...aku cari sampe medan, padang, ternyata belum ada juga...ga sabar neh...tapi moga2 aja filmnya bagus, ga kaya ayat2 cinta yang beda banget ma novelnya.

 
At 2:25 PM, Anonymous Anonymous said...

sudah lama sebetulnya aku denger crita laskar pelangi, tapi baru 'ngeh' tahun 2008 ini. keren abis, mantep,jadi bikin aku pengin keliling dunia juga, (minimal keliling indonesia dulu)..
Yang paling mengharukan ketika lintang memutuskan keluar sekolah..o...ma...sedih kali.jadi inget di kampung dulu banyak juga temen2 yang pinter tapi terkendala biaya so mandeg deh sekolahnya..ga puas cuma baca sekali tok..maryamah karpov kapan ya keluar...aku cari sampe medan, padang, ternyata belum ada juga...ga sabar neh...tapi moga2 aja filmnya bagus, ga kaya ayat2 cinta yang beda banget ma novelnya.

 
At 9:36 AM, Blogger Ariana_70@Blogspot.com said...

Hiiii,
Yang paling monumental adalah caranya si penulis menggambarkan ruang kelasnya yang dihiasi dengan poster H.Rhoma Irama ..Hujan Duit...
Tapi menurut saya penulis agak terlalu mengeneralisir PN Timah...
Apakah semua karyawan PN Timah seperti yang digambarkan di buku ??

 
At 9:19 PM, Anonymous savic said...

kapan maryamah karpov-nya terbit? dan banyak komunitas pelanggan khatulistiwa (www.khatulistiwa.net) yang nanyain nih...

 
At 3:39 PM, Blogger naz_sarry said...

What a great novel, Mr Andrea!

 
At 10:17 PM, Anonymous Ekoa said...

Secara keseluruhan Laskar Pelangi adalah buku yang luar biasa. Masalah hiperbola, metafora dsb - saya rasa itu bagian dari sastra yang membumbui cerita. Andrea demikian ringan, khas dalam menyampaikan metafora-metaforanya. Dari sisi isi : Buku Laskar Pelangi idenya cukup ringan, sehari-hari tetapi menimbulkan kesan lain bagi pembacanya. Buku ini juga tidak memuat pembaca jadi sok romantis, sok melankolis penuh tangis model Ayat-ayat Cinta. Bukannya Ayat-ayat Cinta jelek. Tetapi cerita itu bagi saya terlalu mendayu-dayu sehingga cuma cocok dilihat sama cewek atau presiden SBY. Cup...cup..cup - Jangan Menangis Mr President

 
At 12:25 PM, Blogger ree-na said...

Membaca laskar pelangi membuatku iri pada A Ling, ....yang mendapat kiriman bunga-bunga krisan putih di angkasa,.....romantisme sederhana nan mewah

 
At 8:30 PM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal kak!!
aku kimiko 14 tahun dari bandung, memang aku belum lama baca novel kakak,tapi sekalinya aku baca laskar pelangi, aku langsung pengen baca yang sang pemimpi sama edensor,, ceritanya keren banget!! bukunya udah aku baca bolak-balik,, tapi aku nyesel banget ga liat kakak di acara kick andy waktu itu, malah katanya ada syahdan juga ya?? wah aku penasaran banget!! tapi udah kelewat, mau diapain lagi.. sekarang novel-novelku lagi dibaca temen-temen aku yang aku komporin buat baca novel kakak!!mereka juga jadi suka semua novelnya, sampai-sampai guruku juga suka sama karya kakak,,,
Terus berkarya ya kak!!
kutunggu maryamah karpovnya, sama layar lebarnya!!
aku pasti nonton filmnya!!
terus lanjutin laskar pelanginya!!
aku mendukung semua karya kakak!!
kalau sempat tolong balas..
e-mailku kimiko.hikari@yahoo.com
tolong ya!!


Salam manis
kimiko
penggemar barumu

 
At 3:47 PM, Anonymous Anonymous said...

aq mo kasih hadiah maryamah karpov buat mbak kosQ yang mo wisuda bulan Juni nanti. tapi kayaknya bukunya belum mau dikeluarin ya, wah ntar g jadi kasiin dunk :-(. padahal setelah ni g tau bisa ketemu mbakQ lagi pa g, hiks! mbakQ sayang maapi aQ

 
At 4:03 PM, Anonymous Anonymous said...

aQ mo hadiahin maryamah karpov ke mbak kozQuw yang wisuda bulan juni nanti. tapi kayaknya belum mau keluar bulan itu ya bukunya... :-(. yah ... padahal setelah ni g tau bisa ketemu lagi pa g', hiks! ayoh dunk dikeluarin bukunya...

 
At 10:33 AM, Anonymous Anonymous said...

hmmm...
Novelnya sangat sangat bagus sekali banget....(dalam hal ini tolong izinkan pemborosan kata)

Buat kak Andrea, nulis terus..
ngomong2,, Kapan2 ke Jambi ya..
Banyak penggemarnya nih di sini.
Di tunggu ^-^

 
At 11:47 AM, Blogger bamboo flute said...

That's very Great...

Most Powerfull Book...

sastra tingkat tinggi yang sangat jarang muncul belakangan ini,terobosan yang sangat jitu,sangat berani,amat berharga

Laksana Thousand Sunny,MELEJIT MENERJANG BADAI...

 
At 11:44 AM, Anonymous tanti said...

Buat temen-2 yang ingin cari buku-2 andrea hirata dengan diskon besar, coba cari di http://www.rumahbuku.net/component/page,shop.product_details/category_id,15/flypage,shop.flypage2/product_id,383/option,com_virtuemart/Itemid,15/

 
At 9:47 PM, Blogger ikom said...

Tetralogi Laskar Pelangi,...

Membuatku bangga, Melambungkan mimpiku setinggi Angkasa, Memberiku Inspirasiku sedalam-dalamnya yang takkan habis Insya Allah sepanjang usia...

Dalam hidupku ada tiga laki2 yang kuanggap keren dan membanggakan selain Rasulku tercinta pastinya, pertama Ayah, kedua Ikal yang ketiga ...

yang kedua ini membuatku jatuh cinta ( He..he.. agak lebai sih tapi itu sungguh)

 
At 5:18 PM, Blogger edwar said...

Kisah LP mengingatkan aku akan masa kecil yg penuh kemiskinan tp dengan usaha akhirnya berhasil mencapai cita2. Sekarang aku lg pendidikan profesi setingkat S2, punya anak 2 orang yg sekarang kelas 2 SD dan TK. Aku menangis membaca Lintang berhenti sekolah karena ayahnya meninggal, dan betapa emosinya Andrea menghujat kemiskinan dan anak2 org kaya yg tidak peduli dengan pendidikan.
Aku jg dgn emosi teringat anakku yg hidup penuh kecukupan dan apa yg diinginkannya tersedia dengan segera.
Novel LP memberikan aku inspirasi, dalam mendidik anak2, tidak perlu kemewahan dan segala fasilitas. Sekarang aku rajin menceritakan pada anak2ku penderitaan anggota LP dalam menggapai cita2nya dan mimpi2 anggota LP. Semoga novel LP akan memberi inspirasi pada anak2ku.

 
At 10:31 AM, Blogger GPS (Clobal Positioning System) said...

This comment has been removed by the author.

 
At 10:35 AM, Anonymous Abiku said...

Banyak hal tentang laskar Pelangi:
* Foto Bu Muslimah
* Foto Ikal
* Keliling Eropa - Afrika barang Arai dan Ikal
* Foto Edensor
* Foto Anggota Laskar Pelangi
* Lagu untuk guru
* Foto Belitong
* Video wawancara Laskar Pelangi
* Chating sesama penggemar Laskar Pelangi
* dan masih banyak lagi
di Abiku2008 Site

 
At 5:20 PM, Anonymous Anonymous said...

Andrea Hirata = Gila!such a lucky man. always in a right time and in a right place.

 
At 6:26 PM, Blogger arie said...

kerennnnnnnnn and perfect kata yang pas buat novel laskar pelangi

 
At 8:09 PM, Anonymous Anonymous said...

pertama kli bca laskar pelangi kira2 satu taun yang lalu,,, pas lagi bimbel buwat masuk SPMB...
thanx 4 d'inspiration...
laskar pelagi bner2 bqin sya termotifasi,,buwat belajar.. paling kasian sma tokoh Lintang... kayaknya d'Indonesia banyak anak2 seperti lintang, apalagi pas baca sang pemimpi yang bener2 bqin sya t;motivasi bwat ngcar cita2 dapet beasiswa...

laskar pelangi itu kyak pencerahan,,banyak pesen moral,, bca itu kayak real banget,, tokohnya jga manusiawi bnget.. d'dunia niy ga da yg smpurna..

penasaran bca bku yg keempatnya..
sukses yaa buwat bang andrea...

 
At 12:39 PM, Anonymous DSLESTARI52 said...

BUKU YANG CUKUP BAIK DAN SANGAT MEMBAWA SITUASI..BENAR-BENAR PERJUANGAN PENDIDIKAN SANGAT LAH BERAT, AKU KAGUM DENGAN ANAK-ANAK YANG MAU MERUBAH NASIB KEMALANGAN NYA YANG BERJUANG MELAWAN NASIB. TAPIN ENTAH KENAPA AKU MERASA KECEWA KANAPA SOSOK LINTANG YANG PENUH DENGAN PERJUANGAN HANYA BERADA DALAM NASIB YANG BURUK, APAKAH INI MENERANGKAN BAHWA KEPINTARAN KALAH DENGAN NASIB KEMISKINAN NYA....MAS ANDREA KENAPA LINTANG BEGINI??AKU SANGAT LEBIH KAGUM PADA LINTANG,,,N BUKU SANG PEMIMPI JUGA SAMA BAGUSNYA DENGAN LASKAR PELANGI

 
At 3:10 PM, Anonymous yuni said...

Tidak ada kata yang tepat untuk Kakanda Andrea Hirata dan Laskar Pelanginya, selain Hebat. Semoga Kakanda Andrea Hirata tak berhenti sampai di sini saja.Karena bangsa ini masih memerlukan karya-karya yang bermutu yang dapat menginspirasi para anak bangsa.Kapan buku ke 4 nya keluar? dan sudah gak tahan tunggu filmnya.Sukses selalu ya Kanda Andrea Hirata.

 
At 9:57 PM, Blogger aji said...

ehhh ehh bang,aq kirim dung bukunya yg lengkap,laskar pelanginya dung

 
At 1:57 PM, Anonymous musyamu said...

sebagai orang indonesia aku bangga dengan hadirnya karya dari bang andrea, sukses selalu untuk bang andrea!

 
At 4:41 PM, Anonymous Ucha said...

kak Andrea..
kenalin aku Ucha.
sumpah gag mo basa basi,
karya kakak bener bagus dah...
kak aku udah berusaha mo komunikasi lewat sastrabelitung tapi gag ada kakak...
ne alamat mel ku chu_cha@ymail.com
di tunggu komunikasi nya ya kak Andrea Hirata..

oh ia kak Lintang ama Arai apa kabarnya?????????
di jawab di email ku ya kak...
plizzzzzz
makasih kak.

 
At 11:57 AM, Anonymous Anonymous said...

Issue dari Daku.....Ayo ditebak, siapakah tokoh Maryamah Karpov ??? - casiopea-

 
At 3:35 PM, Blogger si_omm lubis said...

saya bukan pecinta buku,
bukan pula yang suka baca,
saya cuma iseng
ngisi waktu luang dengan buka2
buku "Laskar Pelangi"
milik teman (hadiah pacarnya)

ternyata, awal tersebut membuat saya tertarik,
ketagihan sampai saya beli 3 bukunya
dan saya selesaikan baca
dalam kurun 2 minggu....

satu kata buat Andrea Hirata

"LUAR BIASA"

 
At 8:07 PM, Anonymous nidoya poo said...

Dari ceritanya, banyak hal yang menjadi semangat dan inspirasiku. Tapi satu hal yang penting, yang membuatku nggak bisa tidur, bahwa nasib itu aneh. Dari semua tokoh di laskar pelangi, yang membuat saya paling menyesal adalah takdir lintang. Itu mengingatkan pada ibuku, ibuku adalah seorang lintang. Seorang genius yang tenggelam. Dan aku yang sekarang berjuang, dan berharap menjadi ikal, dan menciptakan seorang ikal.

 
At 1:43 PM, Anonymous budiary said...

Oh ya kmrn aku baru beli buku di WWW.BUKUKITA.COM, harganya lebih murah loh dari toko buku lainnya. Bagus banget ceritanya. Hebat tuh Andrea Hirata. Buat temen2 coba aja liat di WWW.BUKUKITA.COM buat beli bukunya.. saya jamin lebih murah deh

 
At 4:26 PM, Blogger sh4n said...

Jawaban untuk - casiopea- , Maryamah Karpov ya A Ling atau Njoo Xian Ling

salam kenal smua
Santi

 
At 12:52 PM, Anonymous Anonymous said...

They (Sony) purchased Crackle for a reputed $65 million in 2006, just prior
to Google's $1. However, we can't choose our favorite
program and movie when we watch TV. The speed of our broadband lines also remains unknown
for the perfect enjoyment of movies in our tests with
an average of clogged lines playback was smooth but the start
time of the film was not at all constant, reaching even to few minutes.


Feel free to visit my page :: apple tv

 
At 7:46 PM, Anonymous Anonymous said...

Such addition shall greatly improve specific location detection typically,
in addition to detecting location distance relative
to other objects. Both the displays are easily among the best, with the
i - Phone 4 marginally leading the way in terms of display quality and the Galaxy
S winning the size battle. Leaving the Wi-Fi
option turned on will very quickly drain the battery on the Galaxy S.


My web site samsung galaxy s4

 
At 9:42 PM, Anonymous Anonymous said...

Now you can Select Wipe Data or Factory Reset
by pressing the Volume buttons to go up or down and the Home
button to select options. The application Execution Environment provides an interface for application programming.
However, they are less likely to say these tools helped them
save money at a rate of 44 percent to 49 percent.


Feel free to visit my site samsung s4

 
At 11:56 PM, Anonymous Anonymous said...

This article will help you find the best tablet PC. A whole host of image enhancing features is provided
as standard which allows users to manipulate and edit
images and videos, including autofocus, touch-focus, face & smile detection as well as geo-tagging which functions based on GPS.
They are Vodafone, Virgin, T-Mobile, Orange, O2 and Three.


Feel free to surf to my web blog - samsung galaxy tab

 
At 5:01 AM, Anonymous Anonymous said...

To get these private channel codes you can go to streamfreetv.

Could it be that the big media companies want to keep the two seperate
on purpose. It's quite small so won't take up any room at all and
could easily be tossed behind your TV or even on
the opposite side of the room if you wish.

my homepage; roku reviews

 
At 8:45 AM, Anonymous Anonymous said...

One user reportedly says that this cover might have got smashed when the phone was ran over by a car, but it did
its job in protecting the phone. All the daily soap operas
and movies can be seen on it with utmost perfection because it present videos
with the frequency of 720p, having resolution power as 2048x1536 pixels.
For additional information you can get additional at website.



Here is my weblog - samsung galaxy s3

 
At 9:54 AM, Blogger chenyingying9539 9539 said...

2015-7-10chenyingying9539
jordan 4
ralph lauren outlet
hermes birkin bag
true religion outlet
celine
ray ban sunglasses
louis vuitton
longchamp handbags
ralph lauren
mont blanc
michael kors outlet
oakley sunglasses
christian louboutin sale
oakley sunglasses
jordan 3s
abercrombie
tory burch outlet
cheap jordans
ray ban sunglasses
hollister clothing
jordan 11
abercrombie
true religion outlet
burberry outlet
ray ban uk
louis vuitton outlet
michael kors handbags
louis vuitton outlet
louis vuitton
coach outlet

 
At 6:08 PM, Anonymous motor beat said...

waaah, bukunya keren... ulasannya mantappp... kredit motor beat

 

Post a Comment

<< Home