x Klub Sastra Bentang: [B] Pertengkaran

Saturday, October 22, 2005

[B] Pertengkaran

Judul Asli The Squabble
Penulis Nikolai Gogol
Penerjemah Imam Muhtarom
Penerbit BENTANG (PT Bentang Pustaka)
Tahun 2005, Cetakan 1
Tebal 166 hal

"Amat orisinal dan sangat jenaka........."

Demikian Alexander Pushkin memberikan komentarnya untuk Pertengkaran, kisah panjang - meminjam istilah Achdiat Kartamihardja dalam Manifesto Khalifatullah - karya sahabatnya, Nikolai Gogol. Gogol dan Pushkin berkenalan pertama kali pada 1831 dan kemudian menjalin persahabatan yang erat. Sebagai seorang sastrawan besar, karya-karya Pushkin sangat memengaruhi tulisan-tulisan Gogol selanjutnya.

Selain menulis cerpen dan novel, lelaki kelahiran Sorochintsi, Ukraina pada 1809 ini, juga membuat naskah drama dan puisi. Novel yang melambungkan namanya adalah The Dead Souls (1842) yang ditulisnya di Roma, Italia (terjemahan Indonesianya : Jiwa-jiwa Mati terbitan Pustaka Jaya tahun 1982). Dan dramanya yang sangat terkenal, yaitu : The Inspector General (1836). Teater Populer di bawah arahan Teguh Karya pernah mementaskan lakon ini dengan bagus sekali.

Pertengkaran - diterjemahkan dari edisi Inggrisnya berjudul The Squabble - ditulisnya dalam kurun waktu 1832-1836. dan diterbitkan di London pada 2002. Buku ini memuat tiga buah kisah, yaitu : Pertengkaran, Tuan Tanah Dunia Lama, dan Kereta Kuda. Ketiganya dikisahkan dengan amat jenaka, penuh sindiran serta kritik sosial kepada - terutama - para pejabat dan kaum borjuis (tuan tanah, hakim, dan para bangsawan lainnya)

Pertengkaran bercerita tentang perselisihan dua orang bangsawan bertetangga - Ivan Ivanovich dan Ivan Nikiforofich - yang semula bersahabat karib. Pangkalnya adalah karena keinginan Ivan Ivanovich untuk memiliki senjata tua milik Ivan Nikiforovich tak terpenuhi. Ivan Ivanovich menawarkan seekor babi berbulu coklat miliknya sebagai penukar. Namun Ivan Nikiforovich tidak bersedia, meskipun sahabatnya itu menambahkan dua karung gandum lagi selain babi berwarna coklat tadi.

Mereka terlibat adu mulut yang seru hingga terlontar ucapan kasar bernada menghina dari Ivan Nikiforovich yang membuat Ivan Ivanovich sangat tersinggung. Bangsawan gendut itu telah menyebut Ivan Ivanovich sebagai seekor angsa yang dungu. Sejak itu, keduanya memutuskan untuk tidak saling bicara lagi. Bahkan, mereka lantas membawa perkara tersebut ke meja hijau.

Kisah kedua adalah Tuan Tanah Dunia Lama yang agak sentimentil namun tak kalah jenakanya dengan Pertengkaran. Ia berkisah tentang percintaan yang manis sepasang suami istri pemilik pertanian sampai akhir hayat mereka.

Yang terakhir adalah Kereta Kuda, tentang seorang bangsawan yang membual memiliki sebuah kereta kuda paling hebat di kotanya demi sanjungan dan status sosialnya.

Disampaikan dengan gaya narasi yang menarik, Pertengkaran dan dua cerita lainnya menyuguhkan sepotong "kue" dengan rasa Rusia yang khas, bahkan hanya dari nama tokoh-tokohnya . Rasa khas tersebut semakin kuat dengan tambahan kata/istilah setempat - umumnya untuk makanan dan minuman - yang dibiarkan tetap dalam bahasa aslinya (keterangannya baru kita jumpai di halaman terakhir buku ini)

Sastrawan bernama lengkap Nikolai Vasilyevich Gogol ini meninggal pada 1852 dalam kondisi jiwa setengah gila. Karya-karyanya banyak memberi pengaruh pada penulis generasi selanjutnya, seperti Dostoyevsky dan Franz Kafka.

Endah Sulwesi 22/10

1 Comments:

At 9:18 PM, Anonymous Anonymous said...

What a great site video editing programs

 

Post a Comment

<< Home