x Klub Sastra Bentang: In Cold Blood

Friday, November 23, 2007

In Cold Blood




Penulis: Truman Capote
ISBN: 978-979-1227-09-4
Jumlah halaman: viii + 476 hlmn
Penerjemah: Santi Indra
Penyunting: Wendratama
Harga: 55.000 ,-

SINOPSIS

Sebuah keluarga pemilik ranch kaya dibunuh secara brutal: ayah, ibu, anak laki-laki dan perempuan. Pembunuhan ini begitu mengguncang karena tampak tidak ada motivasi ekonomi maupun dendam pribadi. Dan, korbannya──keluarga Clutter adalah keluarga yang begitu santun-terpandang dan yang paling tidak mungkin memiliki musuh: sosok keluarga paling ideal yang bisa dicita-citakan oleh masyarakat Holcomb, Texas.

Truman Capote ingin menulis sebuah laporan yang lengkap dan kaya tentang tragedi ini. Ia mewawancarai orang pertama yang mendapati pembunuhan ini, orang-orang terdekat korban, detektif yang menyelidiki, hingga perjumpaannya dengan pelaku itu sendiri dan kisah panjang yang melatarbelakangi tindakan nekad di tengah malam itu.

Dan Capote memang berhasil menuliskannya secara memuaskan, dari detail psikologis hingga aspek legalitas yang berkenaan dengan hukuman mati──yang menjadi perdebatan tentang layak tidaknya pembunuh keluarga Clutter dihukum mati di tiang gantungan.

TENTANG PENULIS

Truman Capote mendapat perhatian dan pujian luas dari kalangan sastra dan jurnalisme untuk karya ini. In Cold Blood memang puncak dari perjalanan panjang mimpinya untuk memberikan kontribusi bagi munculnya sebuah bentuk sastra baru: Novel Nonfiksi.

Hingga sekarang, ketika novel nonfiksi begitu populer dan beragam, In Cold Blood tetap dianggap sebagai contoh utama karena kekuatan yang dimiliki oleh gaya penulisan, kisah yang diangkat, tokoh-tokoh, dan data yang dikumpulkan oleh Capote: sebuah masterpiece.

Labels: ,

1 Comments:

At 8:17 PM, Blogger Muhammad said...

yang bener aja hebat abis tuh orang

 

Post a Comment

<< Home