x Klub Sastra Bentang: Seratus Tahun Kesunyian

Wednesday, May 23, 2007

Seratus Tahun Kesunyian




Penulis: Gabriel Garzia Marquez
ISBN: 978-979-1227-06-3
Jumlah halaman: viii + 550 hlmn
Penerjemah: Nin Bakdi Soemanto
Penyunting: E. Wendratama
Harga: 64.500,-

SINOPSIS

Dinlai sebagai karya terbaik dan paling terkenal Garzia Marquez, Seratus Tahun Kesunyian mengisahkan perjalanan seratus tahun kehidupan Macondo, sebuah desa yang didirikan oleh José Arcadio Buendía, setelah meninggalkan desanya akibat konflik aneh dengan hantu dari seseorang yang telah ia bunuh dengan tombak. Kehidupan seratus tahun di Macondo ini berpilin di seputar rumah besar dinasti Buendia, yang menurunkan banyak individu dengan “kegilaan” masing-masing.

Novel dengan nuansa komikal sekaligus tragis ini juga disebut sebagai novel politik khas benua Amerika, sebuah konflik dan situasi politik yang kaya dengan aspek kultural dan individu-individu yang mungkin .
Kisah panjang yang ajaib ini menampilkan kompleksitas kehidupan manusia: ibu rumah tangga yang luar biasa, pemikir dan kehidupannya yang mengatasi zaman, kejayaan dan kesunyian serdadu, insomnia dan amnesia, dan nuansa-nuansa magis yang menyelimuti dinasti Buendia.

"Sekelompok petualang mendirikan sebuah desa di tengah hutan di Amerika Selatan. Peristiwa ini menandai awal dari sebuah dunia, sebuah keluarga besar, seabad kejadian-kejadian luar biasa, dan sebuah novel yang sangat memikat."
The Times

"Anda keluar dari novel ini seperti bangun dari mimpi, dengan pikiran puncak … di mana Garzía Márquez naik ke atas panggung bersama Günter Grass dan Vladimir Nabokov, hasratnya sekuat imajinasinya, dengan fatalisme lebih besar dari pada keduanya. Mengagumkan."
New York Times

TENTANG PENULIS

Gabriel García Márquez lahir di Aracataca, Kolumbia ta­h­un 1928. Ia belajar di Universitas Bogota dan terakhir be­kerja sebagai wartawan untuk koran Kolumbia El Es­pec­tador dan menjadi koresponden asing di Roma, Paris, Bar­celona, Caracas, dan New York. Ia menulis sejumlah no­vel dan kumpulan cerita pendek, di antaranya Eye of a Blue Dog (1947), Leaf Storm (1955), No One Writes to the Colonel (1958), In Evil Hour (1962), Big Mama’s Funeral (1962), One Hundred Years of Solitude (1967), Innocent Erendira and Other Stories (1972), The Autumn of the Patriarch (1975), Chronicle of a Death Foretold (1981), Love in the Time of Chole­ra (1985), The General in His Labyrinth (1989), Strange Pilgrims (1992), dan Of Love and Other Demons (1994).

Gabriel García Márquez memperoleh Hadiah Nobel Ke­susastraan pada 1982. Ia tinggal di Mexico City.

Labels: ,

2 Comments:

At 11:00 AM, Blogger kartyva@yahoo.com said...

Buku ini salah satu novel terbaik yang pernah saya baca.
Sekedar info, buku-buku Gabriel Garcia Marquez yang lain seperti In the Evil Hour, Love in the Time of Cholera, Of Love and Other Demon, News on Kidnapping, dan judul-judul lainnya daroi penulis peraih Nobel ini dapat diperoleh di http://fiksi.co.nr

Trims

 
At 9:50 PM, Anonymous didiet said...

masih bisa pesen buku ini kah?

 

Post a Comment

<< Home