x Klub Sastra Bentang: Robinson Crusoe

Friday, March 30, 2007

Robinson Crusoe



Judul: Robinson Crusoe
Penulis: Daniel Defoe
Jumlah halaman: xii + 386 hlmn
Penerjemah: Maria Renny
Penyunting: Hermawan Aksan

SINOPSIS

Robinson Crusoe
, tokoh utama, adalah seorang yang lahir di keluarga kaya dan terpandang di London. Ayah dan kakeknya adalah pengusaha sukses. Robinson menolak kehidupan nyaman ini, ia menginginkan pergi melaut, berpetualang, berjuang, dan hidup penuh tantangan. Di luar perkiraannya, tak satu pun pelayaran yang nyaman dan mengasyikkan, laut adalah kehidupan yang super keras dan hanya "monster" yang tahan dengan kehidupan laut. Setelah kapalnya dihantam badai, ia berhasil tetap hidup. Ia berlanjut dengan menetap di Brazil dan sukses sebagai pengusaha perkebunan. Namun, godaan akan kekayaan yang lebih banyak membuatnya berlayar sekali lagi, menuju pantai-pantai Afrika untuk berdagang dengan orang sana: dagang hasil bumi dan budak. Kapalnya gagal tiba di Afrika karena badai, semua penumpang tewas kecuali dirinya.

Terdampar di sebuah pulau, Robinson harus hidup sendiri. Pahitnya takdir adalah pil yang harus ia telan, ia mengutuk jalan hidup ini, merenungkan masa lalunya hingga dosa apa yang telah ia perbuat hingga layak menerima jalan ini. Tapi, lama-kelamaan, ia mulai melihat sisi positif pada takdirnya. Di samping segala kesusahan yang ada, ia merasa bahwa banyak hal yang bisa dan harus ia syukuri.

Semakin matang pribadinya, semakin banyak pula hal yang bisa ia rayakan. Ia menjadikan dirinya sendiri semakin manusiawi, dengan belajar dari hewan-hewan, tanah, tanaman jagung, hujan, bahkan gempa bumi.

TENTANG PENULIS

Daniel Defoe
adalah penulis kelahiran Inggris. Dalam sastra Inggris, ia dianggap sebagai salah satu penulis klasik ternama, dengan Robinson Crusoe sebagai pencapaian terbaiknya.

Labels: , , , ,

4 Comments:

At 1:55 PM, Blogger Mikael Dewabrata said...

gue baca novel ini waktu masih sma. keren lah, yang film versi pierce brosnan nenen gembel ga ada bagus-bagusnya. novel ini menginspirasikan banyak karya lain.

cek blog gue juga yah

 
At 7:12 PM, Blogger wakwif said...

keliatannya seru nih lain kali gua mau beli ah

 
At 12:00 PM, Blogger Suguh said...

mau tanya..kalo klub sastra bentang suka ngadain forum diskusi mingguan ngga? klo ia dimana tempatnya dan jam brapa ? saya pengen gabung bgt....teng kyu

 
At 4:40 PM, Blogger Unknown said...

qzz0612
nuggets jerseys
uggs outlet
air jordan 4
true religion jeans
ugg outlet
louboutin shoes
kevin durant shoes
air jordan shoes
cheap jordans
diesel jeans

 

Post a Comment

<< Home