x Klub Sastra Bentang: BukuBaru: Totem

Monday, March 27, 2006

BukuBaru: Totem



Judul Buku: Totem
Penulis: D. Jayadikarta
Tebal: xii + 366 halaman
Cetakan: Pertama, Maret 2006
Format: 11,5 cm x 17,5 cm
ISBN: 979-3062-84-3
Harga: Rp. 39.500,-
Lini: Bentang


Sinopsis

Novel ini bercerita tentang dua orang sahabat karib: Tika dan Ayudia. Keduanya memiliki masa lalu keluarga yang kelam. Tika bekerja di sebuah pabrik sepatu, Starsport, di daerah Bandung Selatan. Sebagai seorang manajer muda bagian lingkungan dan keselamatan kerja, Tika menemukan banyak ketimpangan-ketimpangan yang dilakukan oleh manajemen Starsport. Di antaranya, pemberian katering oleh pabrik kepada pekerja-pekerja tersebut tidak memenuhi standar gizi yang layak, dan pelecehan seksual pada buruh perempuan. Sementara itu Ayudia bekerja sebagai sekretaris di sebuah firma hukum. Ayudia bersuamikan Ronald, seorang pria berkebangsaan Australia yang aktif dalam organisasi hukum pembela buruh-buruh Asia, yaitu Educating for Justice (EFJ). Ketiga tokoh ini kemudian bertemu dengan Sasa dan Tisna, dua orang mahasiswa yang memiliki perusahaan IT kecil, juga dengan Michelle, seorang wanita Prancis.

Ketegangan cerita dimulai semenjak adanya kasus kematian seorang buruh pabrik akibat jam kerja yang berlebihan. Kasus ini menjadi sorotan media massa dan baik pihak perusahaan maupun para buruh, sama-sama mulai merasa gerah. Terjadilah demosntrasi yang berujung kerusuhan di pabrik tersebut. Kemudian apalagi dengan adanya tokoh Totem, yang tiba-tiba mengirim e-mail kepada Ayudia dan Tika, dan mengungkit-ungkit tentang masalalu mereka. tokoh misterius ini bahkan tahu tentang tanda lahir yang tersembunyi di tengkuk kedua perempuan itu. Totem membingungkan mereka, karena di satu sisi ia suka memberi informasi mengenai apa yang akan terjadi namun di sisi lain juga tampak punya maksud-maksud tertentu.

Klimaks cerita adalah pada pertengahan Mei 1998, yaitu saat Ayudia, Tika, dan Tisna diculik oleh kaki tangan Asmel (kemungkinan dibantu oleh tentara), pemilik Starsport sekaligus putra triad yang disegani. Ketiganya disiksa habis-habisan. Namun Tisna dan Ayudia berhasil selamat, sementara Tika masih menghilang. Sasa ternyata adalah pengkhianat mereka namun Ronald berhasil menjebaknya sehingga ia dihabisi sendiri oleh Asmel. Namun siapa sebenarnya Totem, itu masih menjadi misteri.

3 Comments:

At 3:55 PM, Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. » »

 
At 2:51 PM, Anonymous Anonymous said...

Keep up the good work http://www.levels-cholesterol.info/add-adult-ritalin.html best fitness video

 
At 8:23 PM, Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it »

 

Post a Comment

<< Home