x Klub Sastra Bentang: [Info] Pemenang Kuis Oktober 2005

Tuesday, November 01, 2005

[Info] Pemenang Kuis Oktober 2005

Berdasar dengan penilaian yang adil, merata dan tak pilih kasih disertai dengan pertimbangan yang mendalam, maka diputuskan pemenang Kuis Bulanan (Komentar Buku) untuk Bulan Oktober 2005 adalah saudara Hermawan Aksan.

Pemenang berhak mendapatkan buku terbaru terbitan Bentang dalam masa 3 bulan mendatang. Selamat buat bung Hermawan. Yang lain jangan kecil hati ya...:)

Berikut komentar yang bung Hermawan kirimkan:

Buku ini memperkaya genre cerita detektif, melengkapi yang sudah mendunia macam karya Agatha Christie. Namun buku ini unik. Kisahnya bukan cuma ihwal kehebatan seorang detektif dalam memecahkan kasus-kasus. Lebih luas, buku ini juga berkisah tentang kehidupan, dengan nilai filosofis yang cukup dalam. Sang detektif, Mma Ramotswe, wanita gemuk berusia 35 tahun ("gemuk itu cantik"), pun sesekali tampil tidak sebagai seorang yang cemerlang. Ia sempat gagal memecahkan kasus. Jadi, terkesan lebih manusiawi. Lokasi cerita di Botswana (padang rumput, gurun, ular mamba, teh redbush) juga membawa suasana eksotis. Meski kadang meloncat-loncat, alur ceritanya lancar, dan menjadi lebih segar dengan gaya bercerita dan diksi berbumbu humor (walau kadang humor pahit). Sayang masih ada terjemahan yang mengganggu. Pola Dia membalas tatapannya masih cukup banyak. Pada satu kalimat, kata ganti orang ketiga mestinya menunjuk satu, bukan dua orang.

Tak rumit tho komentarnya? Masak yang lain tak bisa?....:)